PELATIHAN IMPLEMENTASI
KURIKULUM 2013
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
MATERI PELATIHAN:
PERANCANGAN
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
DIREKTORAT PEMBINAAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
DIREKTORAT JENDERAL
PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN
KEBUDAYAAN
2016
PERANCANGAN
RENCANA
PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
A. Konsep
1. Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka
untuk satu pertemuan atau lebih, dikembangkan berdasarkan silabus untuk
mengarahkan kegiatan pembelajaran dan penilaian peserta didik dalam mencapai
Kompetensi Dasar (KD). Setiap guru di setiap satuan pendidikan wajib menyusun
RPP untuk kelas di mana guru tersebut mengajar. Penyusunan RPP dilakukan
sebelum awal semester atau awal tahun pelajaran dimulai dan perlu diperbarui sesuai
perkembangan dan kebutuhan peserta didik.
2. Penyusunan
RPP harus menerapkan prinsip-prinsip pedagogis secara tertulis untuk
direalisasikan dalam kegiatan pembelajaran, sehingga peserta didik memperoleh
pengalaman belajar yang efektif dalam mengembangkan sikap, pengetahuan, dan
keterampilan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. RPP
disusun agar proses pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif,
menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi
aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan
kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis
peserta didik.
3. Pengembangan
RPP dapat dilakukan oleh masing-masing guru atau kelompok guru mata pelajaran
tertentu yang difasilitasi dan disupervisi oleh kepala sekolah atau guru senior
yang ditunjuk oleh kepala sekolah, atau melalui MGMP antar sekolah atau antar
wilayah yang dikoordinasikan dan disupervisi oleh pengawas atau dinas
pendidikan. Dalam mengembangkan RPP, guru harus memperhatikan silabus, buku
teks peserta didik, dan buku guru.
B. Deskripsi
1.
Komponen dan Sistematika RPP
Mengacu
pada Permendikbud Nomor 103 tahun 2014 tentang Pembelajaran, RPP merupakan
rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci dari suatu materi
pembelajaran atau tema tertentu sesuai dengan silabus.
Komponen
RPP mencakup: (1) identitas sekolah/nama satuan pendidikan, mata pelajaran, dan
kelas/semester; (2) alokasi waktu; (3) KI, KD, Indikator Pencapaian Kompetensi;
(4) tujuan pembelajaran; (5) materi pembelajaran; (6) pendekatan, model dan
metode; (7) media/alat, bahan, dan sumber belajar; (8) langkah-langkah
pembelajaran, dan (9) penilaian pembelajaran.
Komponen RPP untuk SMK secara
operasional diwujudkan dalam bentuk format sebagai berikut.
FORMAT RPP
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : …...........................................................................
Mata
Pelajaran : …...........................................................................
Kelas/Semester
: ……........................................................................
Alokasi
Waktu : …...........................................................................
A.
Kompetensi Inti
1. Pengetahuan
2. Keterampilan
B.
Kompetensi Dasar
1. KD
pada KI pengetahuan
2. KD
pada KI keterampilan
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Indikator
KD pada KI pengetahuan
2. Indikator
KD pada KI keterampilan
D.
Tujuan Pembelajaran
E. Materi
Pembelajaran
(Rincian dari Materi Pokok Pembelajaran)
F.
Pendekatan, Model dan Metode
G.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pertemuan
Kesatu:*)
a. Pendahuluan/Kegiatan
Awal (… menit)
b. Kegiatan
Inti (... menit)
c. Penutup
(… menit)
2.
Pertemuan
Kedua:*)
a. Pendahuluan/Kegiatan
Awal (… menit)
b. Kegiatan
Inti (... menit)
c. Penutup
(… menit),
dan
pertemuan seterusnya.
H.
Penilaian Pembelajaran, Remedial dan
Pengayaan
1. Instrumen
dan Teknik Penilaian
2. Analisis
Hasil Penilaian
3. Pembelajaran
Remedial dan Pengayaan
I. Media, Alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1. Media
2. Alat
3. Bahan
4. Sumber Belajar
|
|
Mengetahui
Kepala ……..........................
NIP
|
______________, _________
Guru Mata Pelajaran,
NIP
|
2.
Langkah-langkah Penyusunan RPP
RPP disusun melalui
langkah-langkah berikut;
a. Analisis
Program Semester
Analisis program semester merupakan langkah awal
sebelum menyusun RPP. Analisis ini dikembamgkan berdasarkan alur pencapaian
kompetensi, dimaksudkan untuk menentukan urutan pembelajaran kompetensi dasar
(KD) per semester yang dikembangkan berdasarkan silabus. Analisis program
semester juga dilakukan untuk menentukan alokasi waktu yang di setiap pasangan
kompetensi dasar (KD). Tabel 1 berikut merupakan contoh analisis program
semester pada mata pelajaran Simulasi Digital.
Tabel 1. Hasil Analisis Program Semester/Pasangan KD
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Semester/ Jam Pelajaran
|
KD 3.2
menerapkan pengetahuan
pengelolaan informasi digital melalui pemanfaatan perangkat lunak pengolah
informasi.
KD 4.2
menyajikan hasil
pengelolaan informasi digital melalui pemanfaatan perangkat
lunak pengolah informasi.
|
1.
Pengelolaan informasi digital melalui komunikasi
daring asinkron
2.
Pengelolaan informasi digital melalui komunikasi
daring sinkron
|
6
|
|
KD 3.1
KD 4.1
|
4
|
||
KD 3.3
KD 4.3
|
8
|
||
Jumlah
JP/KD per semester
|
18
|
Berdasarkan
Tabel diatas,
guru membuat Analisis
Program Semester berdasarkan dokumen silabus.
b.
Mengembangkan
RPP dengan menggunakan format
RPP yang pengisiannya mengikuti rambu-rambu yang tercantum pada Tabel 2.
Tabel
2. Rambu-rambu Pengembangan RPP
No.
|
Komponen
|
Keterangan
|
|||||||||
1.
|
a. Identitas Sekolah
b. Mata Pelajaran
c.
Kelas/Semester
|
a. Diisi nama satuan pendidikan.
b. Diisi nama Mata Pelajaran, seperti tertera pada
Struktur Kurikulum.
c. Diisi kelas dan semester; ganjil/genap.
|
|||||||||
2.
|
Alokasi waktu
|
Diisi jumlah
jam pelajaran hasil analisis program semester.
|
|||||||||
3.
|
Kompetensi
Inti
|
Disalin dari
Kompetensi Inti yang tertuang pada Lampiran Permendikbud Nomor ……. tentang
Kurikulum SMK 2013 untuk KI pengetahuan dan KI keterampilan.
|
|||||||||
4.
|
Kompetensi
Dasar
|
a. KD
disalin dari Lampiran Permendikbud Nomor 60 Tahun 2014 tentang Strutur Kurikulum SMK
dan SK Dirjen Nomor 1769/D 3.3/KEP/KP/2014 tentang Silabus Mata Pelajaran dan
Kompetensi Dasar Program Keahlian (C2) dan Paket Keahlian (C3) SMK/MAK.
b. Rumusan
KD dituliskan untuk KD dari pengetahuan dan KD dari keterampilan.
|
|||||||||
5.
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Dirumuskan sesuai kaidah pengembangan IPK KD
Contoh IPK KD Pengetahuan
3.2 Menerapkan pengetahuan pengelolaan
informasi digital melalui pemanfaatan perangkat lunak pengolah informasi
Berdasarkan dimensi pengetahuan dan proses kognitif,
maka IPK dari KD pengetahuan di atas sebagai berikut:
3.2.1 Menjelaskan
simbul yang digunakan pada komunikasi daring online;
3.2.2 Menjelaskan
pengertian komunikasi daring online;
3.3.3 Mendeskripsikan
jenis-jenis komunikasi daring online;
3.3.4 Menentukan
teknik komunikasi daring online yang akan digunakan sesuai jenis alat
yang disediakan
Contoh IPK KD Keterampilan
4.2 . Menyajikan hasil pengelolaan informasi digital
melalui komunikasi daring online..
Berdasarkan KD 4.8 tersebut, kata “menyajikan”
adalah dimensi keterampilan konkret pada gradasi minimal P1 = level
keterampilan konkret imitasi (minimal kelas X).
Berdasarkan analisis tersebut, maka IPK nya adalah:
4.2.1 Melakukan komunikasi daring asinkron dan sinkron
berdasarkan contoh.
4.2.2 Mendemonstrasikan
komunikasi daring asinkron dan sinkron
berdasarkan tugas
|
|||||||||
6.
|
Tujuan
Pembelajaran
|
Tujuan Pembelajaran dikembangkan sesuai rumusan
tujuan pembelajaran.
Berdasarkan
IPK di atas, maka rumusan tujuan pembelajarannya yaitu:
1. Setelah
berdiskusi dan menggali informasi, peserta didik akan dapat menjelaskan
pengertian komunikasi daring online sesuai dengan buku teks secara
santun.
2. Setelah
berdiskusi dan menggali informasi, peserta didik akan dapat menjelaskan 4
simbul yang digunakan pada pengelolaan informasi digital daring online sesuai
dengan buku teks secara santun.
3. Setelah
berdiskusi dan menggali informasi, peserta didik akan dapat menjelaskan 2
jenis pengelolaan informasi digital melalui komunikasi daring online dengan
santun.
4. Setelah
berdiskusi dan menggali informasi, peserta didik akan dapat menentukan kebutuhan
pokok fasilitas yang diperlukan untuk pengelolaan informasi digital daring online
secara mandiri.
5. Setelah
berdiskusi dan menggali informasi, peserta didik akan dapat menjelaskan cara
melakukan komunikasi daring online dengan percaya diri.
6. Disediakan
peralatan komunikasi dan jaringan internet, peserta didik akan dapat
melakukan komunikasi daring asinkron dan sinkron berdasarkan contoh dengan
percaya diri.
7. Disediakan
peralatan komunikasi dan jaringan internet, peserta didik akan dapat mendemonstrasikan komunikasi
daring asinkron dan sinkron berdasarkan tugas
sesuai prosedur dengan percaya diri.
|
|||||||||
7.
|
Materi
Pembelajaran
|
Materi
Pembelajaran dikembangkan sesuai rumusan materi pembelajaran
Berdasarkancontoh
tujuan pembelajaran diatas maka materi pembelajarannya adalah:
1. Pengertian
komunikasi daring online
2. Simbol
pada digital daring online
3. Jenis
komunikasi daring online
4. Kebutuhan
pokok fasilitas komunikasi daring online
5. Cara
melakukan komunikasi daring online
Materi yang
dikembangkan termasuk materi pengayaan (dapat dikembangkan berdasarkan buku
siswa, referensi lain), materi yang terintegrasi dengan muatan lokal, dan
materi yang diintegrasikan pada kegiatan ekstrakurikuler.
|
|||||||||
8.
|
Pendekatan,
Model dan Metode Pembelajaran
|
Diisi dengan
model pembelajaran yang sesuai dengan KD dan IPK (lihat konsep Pemahaman
Proses Pembelajaran: Tabel Perancah Pemaduan Sintaksis Model Pembelajaran dan
Pendekatan Saintifik).
|
|||||||||
9.
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
a. Diisi
mengacu sintaks model pembelajaran yang ditetapkan.
b. Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran diorganisasikan menjadi kegiatan yang terdiri atas:
1) Kegiatan
Pendahuluan
Pada kegiatan
pendahuluan guru:
· Mengkondisikan
suasana belajar yang menyenangkan.
· Mendiskusikan
kompetensi yang telah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya terkait dengan kompetensi
yang akan dipelajari.
· Menyampaikan
kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya bagi kehidupan.
· Menyampaikan
garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
· Menyampaikan
lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan.
2) Kegiatan
Inti
· Diisi
dengan kegiatan siswa dan guru, dapat mengikuti urutan sintaks model belajar yang
dipadukan dengan pendekatan saintifik (hasil analisis pemaduan model tugas
sesi 3).
· Kegiatan
5M tersebut tidak harus terjadi sekaligus pada satu kali pertemuan, tetapi
disesuaikan dengan karakteristik materi yang sedang dibahas.
Catatan: sintaksis (langkah-langkah) model
pembelajaran dan langkah pendekatan saintifik (5M) dapat menggunakan hasil
penataan dari format perancah.
3) Kegiatan
Penutup
Kegiatan
penutup meliputi antara lain:
· membuat
rangkuman/simpulan pelajaran.
· refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
· merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika
diperlukan).
· menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
|
|||||||||
10.
|
Penilaian
|
a.
Diisi dengan hasil analisis teknik dan instrumen
penilaian (hasil pembelajaran sesi 4).
Contoh:
b.
Diisi dengan program remedial dan pengayaan.
|
|||||||||
11.
|
Media, Alat,
dan Sumber Belajar
|
Diisi dengan:
a. Sarana,
alat bantu dan bahan yang digunakan pada proses pembelajaran di setiap RPP.
b. Sumber
belajar dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau
sumber belajar lain yang relevan untuk setiap pertemuan sesuai dengan
tuntutan KD.
c. Sumber
belajar ditulis sesuai ketentuan penulisan literatur/referensi.
Contoh:
|
C. Tugas/Latihan
1. Lakukanlah
analisis program semester berdasarkan alur pencapaian kompetensi untuk satu
semester.
2. Susunlah
RPP berdasarkan hasil “Analisis KD Pengetahuan dan Keterampilan” serta “Pemaduan
Sintaks Model Pembelajaran dan Pendekatan Saintifik” sesuai dengan format RPP
yang tertuang pada Materi Pelatihan Implementasi Kurikulum SMK tentang RPP.
Mampu memvalidasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
sesuai
dengan
Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar
Proses Pendidikan Dasar dan Menengah serta
Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar
dan Pendidikan Menengah .
Melalui
kegiatan telaah RPP, peserta mampu menganalisis RPP
yang menerapkan pendekatan saintifik
dan
sesuai
dengan
prinsip-prinsip
pengembangan RPP.
a.
Pelajari format telaah
RPP. Cermati maksud dari setiap aspek dalam format.
b. Cermati RPP hasil kelompok lain yang akan ditelaah.
c. Isilah format sesuai dengan petunjuk pada format
telaah RPP.
d. Berikan catatan khusus atau alasan Anda memberi skor
pada suatu aspek pada RPP.
e.
Berikan masukan atau rekomendasi secara umum sebagai saran perbaikan RPP pada kolom yang tersedia.
Berilah tanda
cek (V) pada kolom skor 1,
2, 3 sesuai dengan kriteria yang tertera
pada kolom tersebut.
Berikan catatan atau saran untuk perbaikan RPP sesuai
penilaian Anda
Isilah Identitas RPP yang ditelaah.
Nama Guru :.............................................
Mata pelajaran :.............................................
Topik/Subtopik :.............................................
No
|
Komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
|
Hasil Penelaahan dan
Skor
|
Catatan revisi
|
||
1
|
2
|
3
|
|||
A
|
Identitas Mata
Pelajaran
|
Tidak ada
|
Kurang Lengkap
|
Sudah Lengkap
|
|
1.
|
Terdapat: satuan pendidikan, kelas, semester, mata pelajaran jumlah pertemuan
|
||||
B
|
Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
|
||||
1
|
Kompetensi
Inti
|
||||
2
|
Kompetensi Dasar
|
||||
C.
|
Perumusan Indikator
|
Tidak Sesuai
|
Sesuai Sebagian
|
Sesuai Seluruhnya
|
|
1.
|
Kesesuaian dan
ketepatan penggunaan kata kerja operasional aspek pengetahuan dengan
Kompetensi Dasar
|
||||
2.
|
Kecukupan jumlah indikator aspek pengetahuan
|
||||
3.
|
Kesesuaian dan
ketepatan penggunaan kata kerja operasional aspek keterampilan dengan
Kompetensi Dasar.
|
||||
4
|
Kecukupan jumlah indikator aspek keterampilan
|
||||
D.
|
Perumusan Tujuan Pembelajaran
|
Tidak Sesuai
|
Sesuai Sebagian
|
Sesuai Seluruhnya
|
|
1
|
Menggambarkan
lingkup materi dalam KD
pengetahuan dan KD keterampilan
|
||||
2
|
Rumusan
tujuan pembelajaran menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati
dana tau diukur, mencakup ranah sikap, ranah pengetahuan, dan ranah
keterampilan
|
||||
3
|
Rumusan
tujuan pembelajaran mengandung komponen Audience, Behaviour,
Condition, dan
Degree
|
E.
|
Pemilihan Materi Ajar
|
Tidak Sesuai
|
Sesuai Sebagian
|
Sesuai Seluruhnya
|
||
1.
|
Kesesuaian dengan kedalaman KD
|
|||||
2.
|
Kesesuaian dengan tujuan pembelajaran
|
|||||
3
|
Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik
|
|||||
4
|
Keruntutan uraian materi ajar
|
|||||
F.
|
Pemilihan
Sumber Belajar
|
Tidak Sesuai
|
Sesuai Sebagian
|
Sesuai Seluruhnya
|
||
1.
|
Kesesuaian dengan Tujuan pembelajaran
|
|||||
2.
|
Kesesuaian dengan materi pembelajaran
|
|||||
3
|
Kesesuaian dengan pendekatan saintifik
|
|||||
4.
|
Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik
|
|||||
G.
|
Pemilihan Media Belajar
|
Tidak Sesuai
|
Sesuai Sebagian
|
Sesuai Seluruhnya
|
||
1.
|
Kesesuaian dengan tujuan pembelajaran
|
|||||
2.
|
Kesesuaian dengan materi pembelajaran
|
|||||
3
|
Kesesuaian dengan pendekatan saintifik
|
|||||
4.
|
Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik
|
|||||
H.
|
Model Pembelajaran
|
Tidak Sesuai
|
Sesuai Sebagian
|
Sesuai Seluruhnya
|
||
1.
|
Kesesuaian
model yang dipilih dengan arah pernyataan KD3 dan KD4 (pencarian/penemuan
atau jasa/produk)
|
|||||
2.
|
Kesesuaian
model yang dipilih dengan tingkatan dimensi pengetahuan KD3
|
|||||
3.
|
Kesesuaian
model yang dipilih dengan tingkatan taksonomi KD4
|
|||||
I
|
Metode Pembelajaran
|
Tidak Sesuai
|
Sesuai Sebagian
|
Sesuai Seluruhnya
|
||
1
|
Kesesuaian dengan tujuan pembelajaran
|
|||||
2
|
Kesesuaian dengan karakteristik materi
|
|||||
3
|
Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik
|
|||||
J.
|
Skenario Pembelajaran
|
Tidak Sesuai
|
Sesuai Sebagian
|
Sesuai Seluruhnya
|
||
1.
|
Kegiatan
pendahuluan berisi: apersepsi (menghubungkan
dengan materi terdahulu atau kejadian sehari-hari), ruang
lingkup, tujuan pembelajaran, teknik penilaian
|
|||||
2.
|
Kegiatan
inti berisi:
|
|||||
a. Memfasilitasi
kegiatan siswa untuk mengamati, mendengar, menonton dan melihat
|
||||||
b. Mendorong
siswa untuk bertanya apa, mengapa dan bagaimana berbentuk perumusan masalah
|
||||||
c. Membimbing
siswa untuk mengumpulkan informasi/ eksplorasi dalam rangka menjawab pertanyaan
|
||||||
d. Membimbing
siswa untuk menyimpulkan/mensintesia data atau informasi yang terkumpul
|
||||||
e. Memotivasi
siswa untuk mengomunikasikan
|
||||||
3.
|
Kegiatan
penutup berisi rangkuman, refleksi, dan tindak lanjut
|
|||||
a. Memfasilitasi
dan membimbing siswa merangkum materi pelajaran
|
||||||
b. Memfasilitasi
dan membimbing siswa merefleksi kegiatan yang sudah dilaksanakan
|
||||||
c. Memberikan
umpan balik terhadap hasil pembelajaran
|
||||||
K.
|
Rancangan
Penilaian
Pembelajaran
|
Tidak Sesuai
|
Sesuai Sebagian
|
Sesuai Seluruhnya
|
||
1
|
Kesesuaian bentuk, tehnik dan instrument dengan indikator
pencapaian kompetensi
|
|||||
2.
|
Kesesuaian antara bentuk,tehnik
dan instrument Penilaian Sikap
|
|||||
3.
|
Kesesuaian antara bentuk, tehnik dan instrument Penilaian Pengetahuan
|
|||||
4.
|
Kesesuaian antara bentuk, teknik dan instrumen Penilaian Keterampilan
|
|||||
Jumlah Skor
|
..................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Rubrik
Penilaian
RPP
ini
digunakan
peserta
pada
saat
penelaahan
RPP
peserta
lain
dan
digunakan
fasilitator untuk menilai RPP yang disusun oleh masing-masing peserta. Selanjutnya nilai RPP dimasukan kedalam
nilai
portofolio peserta.
a. Cermati
format penilaian RPP dan RPP yang akan dinilai;
b. Berikan nilai pada setiap komponen RPP dengan cara membubuhkan tanda cek (√) pada kolom pilihan (skor = 1) , (skor = 2), atau (skor = 3) sesuai dengan penilaian Anda terhadap RPP yang ditelaah atau dinilai;
c. Berikan
catatan khusus atau saran perbaikan perencanaan pembelajaran;
d. Setelah
selesai penilaian, hitung jumlah skor yang diperoleh, dan
e. Tentukan nilai menggunakan rumus di bawah.
Peringkat
|
Nilai
|
Amat Baik (AB)
|
90<AB≤100
|
Baik (B)
|
80<B≤90
|
Cukup (C)
|
70<C≤80
|
Kurang (K)
|
≤70
|
0 Comment to "MATERI PELATIHAN: PERANCANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)"
Post a Comment